Monday, October 29, 2012

Kepadatan Penduduk yang begitu besar

Di era globalisasi ini semakin banyaknya masalah-masalah kependudukan yang terjadi dinegara kita indonesia.dari banyaknya masalah yang terjadi hanya sebagian kecil yang baru bisa  diatasi. Berikut inilah salah satu masalah kependudukan  yang  terjadi dan akan saya bahas antara lain: Populasi Peduduk yang begitu besar dan bertambah tiap tahunnya

  Kepadatan Penduduk  yang begitu besar
J
umlah populasi penduduk Indonesia sangat banyak dan semakin bertambah dari tahu   ketahunnya. Berdasarkan surat harian yang saya lihat Indonesia menduduki urutan keempat negara terbanyak jumlah penduduk setelah Cina, India, dan Amerika. Berdasarkan Sensus Penduduk 2010, jumlah penduduk Indonesia sudah mencapai 237,6 juta jiwa atau bertambah 32,5 juta jiwa sejak tahun 2000. Artinya, setiap tahun selama periode 1990-2000, jumlah penduduk bertambah 3,25 juta jiwa. Jika di alokasikan ke setiap bulan maka setiap bulannya penduduk Indonesia bertambah sebanyak 270.833 jiwa atau sebesar 0,27 juta jiwa. iniah yang disebut ledakan penduduk.
Solusinya :
Untuk mengurangi laju pertumbuhan penduduk kabupaten/kota terus berperan aktip membantu mensukseskan program KB. Maka dengan demikian kualitas penduduk bisa meningkat jika mengikuti program KB. Tidak hanya itu, masyarakat juga harus lebih memahami dan mengutamakan pentingnya ber-KB. Dengan demikian, kualitas SDM nya akan sesuai standar jika warga ber-KB dan kehidupan ekonominya pun bisa normal.serta mengadakan penyebaran penduduk atau TRANSMIGRASI yang bertujuan Untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan meratakan persebaran penduduk di seluruh wilayah nusantara sehingga tidak hanya terpusat di satu wilayah tertentu saja karena wilayah indonesia sangat luas.
Macam-macam Transmigrasi yang dapat dilakukan.
1. Transmigrasi Umum
Transmigrasi  yang disponsori dan dibaiayai secara keseluruhan oleh pihak pemerintah melalui depnakertrans (departemen tenaga kerja dan transmigrasi).
2. Transmigrasi Spontan / Swakarsa
Perpindahan penduduk dari daerah padat ke pulau baru sepi penduduk yang didorong oleh keinginan diri sendiri namun masih mendapatkan bimbingan serta fasilitas penunjang dari pemerintah.
3. Transmigrasi Bedol Desa
Transmigrasi yang dilakukan secara masal dan kolektif terhadap satu atau beberapa desa beserta aparatur desanya pindah ke pulau yang jarang penduduk. Biasanya transmigrasi bedol desa terjadi karena bencana alam yang merusak desa tempat asalnya.

Dengan solusi diatas dapat mengurangi masalah kepadatan penduduk yang begitu besar dan bertambah dari tahun ketahunnya.

0 comments:

Post a Comment